Menko PMK Beri Kuliah Umum ‘Gerakan Nasional Revolusi Mental’ di UMSU

Menko PMK

topmetro.news – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy memberikan kuliah umum ‘Gerakan Nasional Revolusi Mental’ di Gedung Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jalan Panglima Denai, Kota Medan, Jumat (4/12/2020) malam.

Selain memberikan kuliah umum, Muhadjir juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa 5 ribu paket sembako senilai Rp 1 miliar kepada Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Medan, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) 2020 senilai Rp 300 ribu/Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Medan Denai.

Dalam kuliahnya Menko PMK mengatakan, Gerakan Nasional Revolusi Mental merupakan gerakan yang terus digaungkan oleh pemerintah untuk membangun karakter manusia Indonesia menjadi karakter yang maju.

Kuliah Umum Menko PMK

“Gerakan ini difokuskan pada pembangunan sebuah identitas yang memiliki etos kerja dan semangan gotong royong. Intinya untuk kemandirian bangsa dan kemajuan ekonomi,” katanya.

Ditambahkan Menko PMK, revolusi mental menjadi sebuah kebutuhan yang digalakkan untuk sebuah perubahan yang cepat. Dengan demikian Indonesia akan mampu mengejar berbagai ketertinggalan dari negara-negara maju.

“Didalamnya ada semangat untuk mewujudkan Indonesia yang bersih, melayani, mandiri, cerdas. intinya yang baik-baiklah. kita dorong semua warga Indonesia agar lebih maju, bisa sejajar dengan negara maju lain,” ungkap Menko PMK.

Sementara itu, Rektor UMSU DR Agussani dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Menko PMK memberikan kuliah umum di UMSU. Ia bahkan menyatakan bahwa universitas mereka siap untuk menjadi pelopor gerakan nasional revolusi mental di Sumatera Utara.

Baca juga: Menko PMK Dorong Sinergi Antara Muhammadiyah dengan Pemprov Sumut

“UMSU siap untuk menjadi pelopor gerakan ini,” tegasnya.

Selain dihadiri para mahasiswa, kuliah umum ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Hj Sabrina dan para civitas akademik UMSU.

Reporter l Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment